Selamat Datang di Dunia Long Life Learning Program

Mendidik anak, bukanlah hal yang mudah. Agar mendidik menjadi hal yang menyenangkan dan efektif, kita harus tahu tekniknya. Nah, salah satunya dengan multimetode dan multimedia. Kami hadir untuk memudahkan orangtua dalam mendidik anak dengan media-media pendidikan yang insya Allah berkualitas.
Berikut produk-produk kami:
I Love My Al-Quran
Ensiklopedia Bocah Muslim
Halo Balita
Nabiku Idolaku
Cerita Binatang 2 Bahasa Berima ILMA

16 Maret 2009

Membaca dapat Melejitkan Otak Anak

Berikut saya kutipkan satu kisah menarik dari bukunya Muhammad Fauzil Adhim (Positive Parenting, 2007: 72) tentang betapa hebatnya efek membaca bagi proses tumbuh kembang anak.
”Namanya Jennifer. Lahir pada September 1984 dari rahim seorang ibu bernama Marcia Thomas. Ketika para ibu umumnya menyambut bayinya dengan penuh rasa bahagia dan suka cita, Marcia Thomas justru sebaliknya. Ada kecemasan ketika memandang anaknya. Jennifer tidak menampakkan tanda-tanda kehidupan yang wajar seperti lazimnya para bayi. Responsnya lambat dan ekspresinya tampak lain. Kekhawatirannya pun terjawab. Berdasarkan hasil pemeriksaan para ahli, Jennifer dinyatakan positif menderita down syndrome , yaitu suatu jenis keterbelakangan mental yang ditandai oleh rendahnya IQ sehingga tidak memungkinkan seseorang hidup secara wajar. Tidak itu saja, pada usia dua bulan Jennifer hampir-hampir mengalami kebutaan, tuli, dan keterbelakangan mental yang parah. Di usia yang masih sangat belia pula, Jennifer harus menjalani bedah korektif karena mengalami gangguan jantung.
Namun, apa yang dilakukan oleh Marcia Thomas? Terapi. Marcia memberikan terapi kepada anaknya agar otaknya memperoleh rangsangan yang sangat kaya sehingga kecerdasannya meningkat dan fungsi-fungsi indranya bekerja lebih aktif. Marcia berusaha menjalankan proses terapi itu dengan sungguh-sungguh agar anaknya tidak mengalami keterbelakangan mental.
Caranya? Diet membaca! Marcia membacakan sebelas buku setiap hari kepada buah hatinya yang masih bayi. Hasilnya? IQ Jennifer melonjak tajam ketika dites pada usia 4 tahun. IQ-nya seratus sebelas. Ya, 111! Salah satu penjelasan mengapa mengajarkan membaca pada anak dapat melejitkan IQ adalah karena membaca merupakan kegiatan yang memberikan rangsang paling kompleks bagi otak dibandingkan beberapa kegiatan lainnya.”

Tidak ada komentar: